PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN PERWIRA-KOTA BOGOR

Sri Handayani, Chodidjah Makarim

Abstract


Sebagai warga negara, para penyandang keluarbiasaan mempunyai hak yang sama dengan warga negara lainnya. Sekolah biasa dengan orientasi inklusif (terpadu) ini merupakan sarana paling efektif untuk melawan sikap diskriminatif, menciptakan masyarakat yang mau menerima kedatangan anak luar biasa, membangun masyarakat yang utuh terpadu dan mencapai pendidikan untuk semua. Prinsip pendidikan yang disesuaikan dalam sekolah inklusi menyebabkan adanya tuntutan yang besar terhadap guru reguler, dalam hal ini khususnya guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui ruang lingkup (scope) materi PAI pada di SDN Perwira-Kota Bogor, (2). Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI, (3). Untuk mengetahui bagaimana guru PAI dalam mengevaluasi proses pembelajaran, (4). Untuk mengetahui faktor  penghambat bagi guru PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran PAI, (5). Untuk mengetahui faktor penunjang dalam proses pembelajaran PAI, (6). Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran PAI. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ruang lingkup (scope) materi PAI meliputi al-Qur’an, aqidah, akhlak, fiqih, dan sejarah kebudayaan Islam. 2). Metode yang digunakan saat pembelajaran diantaranya yaitu, metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode latihan, dan metode tanya jawab. 3). Evaluasi proses pembelajaran PAI yaitu membuat kisi-kisi soal yang sesuai dengan standar kompetensi indikator pembelajarannya, membuat butir-butir soal dari masing-masing indikator, mengolah data hasil tes, menganalisis hasil tes, dan mengadakan perbaikan dan pengayaan. 4). Faktor penghambat bagi guru PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran PAI diantaranya terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. 5). Faktor penunjang dalam pembelajaran PAI pada yaitu: pengalaman belajar peserta didik dan perhatian orang tua kepada peserta didik saat dirumah. 6). Pelaksanaan proses pembelajaran PAI yaitu: a). Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), b). Melakukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pembuatan RPP.


Keywords


Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi

Full Text:

PDF

References


Ganjar Eka Subakti, “Implementasi pendidikan agama islam di SD islam terpadu (Studi Deskriptif pada SD Plus Islam Terpadu Bhaskara Sukamelang-Subang Tahun 2010-2011)”. Jurnal Tarbawi, Vol. 1, No. 1, Maret 2012. Juni18, 2017)

Http://Jurnal.Upi.Edu/File/03_Implementasi_Pendidikan_Agama_Islam_Di_Sd_Islam_Terpadu_-_Ganjar_A.Pdf,

Glazzard, Et Al., (2016). Asah asih asuh anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar, Yogyakarta: PT Kanisus.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kerangka dasar dan struktur kurikulum tingkat sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. (2014). Jakarta: Media Pusaka.

Kustawan, Dedi, Budi Hermawan. (2016) Model implementasi pendidikan inklusif ramah anak. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Murtie, Afin. (2016). Ensiklopedi anak berkebutuhan khusus, Jogjakarta: Maxima.

Nunung Nuriyah, “Evaluasi pembelajaran: sebuah kajian teori”. Jurnal Edueksos, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2014.Juni 18, 2017.

https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/.../289

Praptiningrum, “Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 7, No. 2, Nopember 2010. 30 Mei 2017

http://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/774/601

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Santoso, Hargio.(2012). Cara memahami & mendidik anak berkebutuhan khusus, Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2008) Jakarta: Visimedia.




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v2i1.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

GS citefactor  academikeys rbib

 

 

Creative Commons License

© Copyright CC-BY-SA

Web
Analytics View My Stats

Attadib, P-ISSN : 2614-1760, E-ISSN : 2614-1752