PENGARUH FARMING GARDENING PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK DI AR-RAHMAN ISLAMIC SCHOOL CINERE DEPOK

Siti Khosiah

Abstract


Penelitian ini mengenai kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia Taman Kanak-kanak. Kemampuan mengenal konsep bilangan sangat penting karena akan membantu anak dalam memecahkan masalah matematika awal. Farming gardening project sebagai salah satu metode pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan proses memungkinkan anak untuk memproses informasi baru melalui eksperimen. Keterampilan yang paling sesuai untuk anak usia dini ini adalah mengamati, mengklasifikasi, membandingkan, mengukur, mengkomunikasikan dan eksperimen. Melalui keterampilan sains ini, maka anak-anak diharapkan mampu menghadapi kehidupan sehari-hari untuk belajar ilmu pengetahuan dan matematika.

Tujuan penelitian untuk membuktikan apakah dengan farming gardening project mampu menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan anak TK B di KB-TK Ar-Rahman Islamic School Cinere Depok tahun 2015 menjadi lebih baik, dibanding dengan model pembelajaran konvensional.Penelitian dilakukan pada anak TK B dengan menggunakan quasi eksperimen berbentuk desain Nonequivalent (Pretest and Postest) Control Group Design.Penelitian melibatkan seluruh anak TK B yang berjumlah 40 anak sebagai sampel.  40 anak yang menjadi subyek penelitian dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu 20 anak kelompok eksperimen menggunakan farming gardening project dan 20 anak kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik statistik dengan program SPSS 12,0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang belajar dengan farming gardening project menunjukkan kemampuan mengenal konsep bilangan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Secara statistik, kemampuan mengenal konsep bilangan ditunjukkan sebesar 5,789  p>0,05 . Koefisien sebesar ini adalah signifikan.Sekolah seyogyanya menerapkan farming gardening project dalam pembelajaran, sebab temuan penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dapat diatasi dengan metode ini.


Keywords


Farming gardening, Bilangan, Taman Anak-anak, Ar-rahman Islamic School

Full Text:

PDF

References


B, Joice and Weil. (1981). Some Models of Teaching. Singapore: John Weley and Sons.

Conny, R. Semiawan. (2002). Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Dali S. Naga. Berhitung Sejarah dan Pengembangannya, Jakarta: PT Gramedia, 1980.

Gunarti, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: UT, 2010.

Lilian Katz, G dan Sylvia Chard. Engaging Children’s Minds: the Project Approach. Second Edition. New Jersey: Ablex. 2000.

Masitoh, Ocih Setiasih, Heny Djoehaeni, Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Depdiknas, 2005.

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka: Jakarta, 1994.

Railsback, Jennifer. Project Based Instruction: Creating Excitement for Learning, Portland Oregon: Nwerel Member Institutions, 2002.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Soedadiatmodjo, Matematika I, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1983.

Sudaryanti, Pengenalan Matematika Anak Usia Dini, Yogyakarta: FIP UNY, 2006.

Santoso, S. (2002). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Sutrisno, dan Hary Soedarto. Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.32507/fikrah.v2i1.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Khosiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

GS citefactor  academikeys rbib

 

Creative Commons License

© Copyright CC-BY-SA

Web
Analytics View My Stats

Fikrah, P-ISSN : 2599-1671, E-ISSN : 2599-168X