ANALISIS PENGENTASAN KEMISKINAN DI KOTA PALEMBANG

Yesi Triani, Maya Panorama, Rinol Sumantri

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengentasan kemiskinan di Kota Palembang, Data yang digunakan adalah data runutan waktu pada tahun 2018-2019. Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Sumber data sekunder berasal dari beberapa instansi yang berwenang dan berkaitan dengan program pengentasan kemiskinan seperti Dinas Sosial, Badan Pusat Statistik dan sumber-sumber data sekunder lainnya yang berkaitan. Sedangkan data primer langsung melalui wawancara secara mendalam (depth interview), serta stakeholder di wilayah penelitian yang telah ditetapkan. Perubahan struktur sebagai langkah operasional dan manusia sebagai sasaran, maka strategi penanggulangan kemiskinan yang palingtepat adalah pemberdayaan masyarakat. Pengentasan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat ini berfokus pada dua lingkup utama, yaitu: ruang lingkup wilayah dan ruang lingkup materi. Ruang lingkup wilayah adalah pemerintah Kota Palembang dan instansi pendukung lainnya di lingkungan pemerintah yang berkaitan dengan kajian ini, serta wilayah lain yang meliputi berbagai daerah yang menjadi kantong kemiskinan di berbagai daerah di Kota Palembang. Ruang lingkup materi, meliputi kajian empirik berupa analisis ekonomi makro dan analisis pengentasan kemiskinan, serta kajian teori tentang pemberdayaan masyarakat.


Keywords


Pengentasan kemiskinan, Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aryani, Dwi Septa, dkk. (2019).“Dampak Zakat terhadap perubahan tipologi kemiskinan di kota Palembang”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.

Hendayana, Rachmat. Dkk. (2007). Fenomena Keuangan Mikro Dalam Persepktif Pembangunan Ekonomi Pedesaan. Balai Besar Pengkajian dan pengembangan Teknologi Pertanian, Bogor: Jurnal Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

Ismawan, Bambang. (2000). Pemberdayaan Orang Miskin, Refleksi Seorang Pegiat LSM. Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, Jakarta.

Kembar Sri Budhi, Made. (2013).”Analisis faktor-faktor yang berpengaruh Terhadap pengentasan kemiskinan di Bali: Analisis FEM Data panel, Jurnal Ekonomi kuantitatif terapan.

Kusuma Retno, Ely. (2017) “Pengaruh Pendidikan dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia” Jurnal Ekonomi.

Kuncoro, M. (2000). Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah dan Kebijakan. (1sted.). UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

____________. (2003). Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah dan Kebijakan. Penerbit UPP-AMP YKPN. Yogyakarta.

____________. (2004). Otonomi dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang. Erlangga, Jakarta

Mardiasmo. (2002). Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Andi: Yogyakarta

Mohd. Kurniawan. (2017). “Analisis Faktor-Faktor Peneyebab Kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin (Studi kasus di Kecamatan Sungai Lilin” Jurnal Ilmiah Ekonomi global masa kini.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Cetakan ke duapuluh empat. Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.

Murdiansyah,Isnan. (2014). Evaluasi Program Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Pada Program Gerdu-Taskin Di Kabupaten Malang) Jurnal Wiga.

Nasikun. (2011). Bahan Kuliah; Isu dan Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan. Magister Administrasi Publik. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Prayitno, dkk. (1996). Ekonomi Pembangunan. Ghalia Indonesia, Jakarta

Remi, dkk. (2002). Kemiskinan dan Ketidakmerataan di Indonesia. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Setiyawan, Risky Dwi, dkk. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Untuk Pemetaan Tingkat Kemiskinan MasyarakatBerbasis Perangkat Bergerak. Jurnal Teknik ITS.

Solikatun, dkk. (2014). “Kemiskinan dalam pembangunan” jurnal analisis sosiologi.

Sudominingrat, G. (2003). Peran Lembaga Keuangan Mikro Dalam Menanggulangi Kemiskinan Terkait dengan Kebijakan Otonomi Daerah. Jurnal.

Suhandi, Nazori, dkk. (2018). “Analisis Pengaruh Jumlah penduduk terhapap jumlah kemiskian meggunakan metode regresi linier dikota Palembang” Jurnal ilmiah informatikan global.

Suharto, Edi. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat,

Bandung: PT Refika Aditama

Sumber data utama yang dipakai adalah data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Modul Konsumsi dan Pengeluaran.

Sumber data utama yang dipakai adalah data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Modul Konsumsi dan Pengeluaran.

Sumber data utama yang dipakai adalah data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Panel Modul Konsumsi dan Kor.

Suryahadi, Asep dan Sumarto. (2001). “Memahami Kemiskinan Kronis dan Kemiskinan Sementara di Indonesia”. Smeru Newsletter.

Tambunan, dkk. (2006). Perekonomian Indonasia, Teori dan Temuan Empiris, Cetakan II. Ghalia Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32507/ajei.v11i2.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 yesi triani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

 

 

License

© Copyright CC BY-SA

web analytics View My Stats

Al-Infaq, p-ISSN: 2087-2178, e-ISSN: 2579-6453