PENGARUH PENERAPAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 3 MI PLUS AL-IHSAN KOTA BOGOR

Nila Maylani, Muhyani Muhyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap prestasi belajar dan jiwa kewirausahaan siswa. Penelitian ini meng­gunakan metode kuantitatif jenis penelitian quasi experimental design dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Tes prestasi belajar dan lembar penilaian jiwa kewirausahaan siswa adalah instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Pada masa pademi covid-19 sekolah pun dibatasi oleh karena itu sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Plus Al-Ihsan yang berjumlah 15 orang yang dibagi menjadi 2 kelas (Kelas Eksperimen dan Kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang diberi perlakuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang tidak diberi perlakuan. Nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah 86,28 sedangkan pada kelas kontrol adalah 75. Sedangkan nilai rata-rata pada jiwa kewirausahaan siswa pada kelas eksperimen 16,14 sedangkan kelas kontrol 10. Berdasarkan uji hipotesis prestasi belajar nila thitung 3.982 dan hipotesis jiwa kewirausahaan siswa nilai thitung 6.081.. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Higher Order Thinking Skills terhadap Prestasi Belajar Dan Jiwa Kewirausahaan siswa kelas 3 di MI Plus Al-Ihsan.

Keywords


Higher Order Thinking Skills (HOTS); Prestasi Belajar; Jiwa Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Muhammad Jufri, H.W. (2017). Internalisasi Jiwa Kewirausahaan pada anak. Jakarta: KENCANA

Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian. Bogor: UIKA PRESS.

Nugroho, R. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rusmawan. (2013). Faktor yang memengaruhi kesulitan belajar IPS siswa sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 286.

Saiman, L. (2012). Kewirausahaan (Teori, praktik dan kasus-kasus). Jakarta: Salemba Empat.

Sapriya. (2011). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Skirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan nilai kewirausahaan meningkatkan kemandirian usaha melalui perilaku kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 123.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung: ALFABETA,CV.

Syahrum, S. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id