Pendidikan Syari pada Akhlak Anak Perspektif Muhammad Athiyah al-Abrasyi
Abstract
This paper describes problems related to Muhammad Athiyah al-Abrasyi's view of moral education and how to apply moral education according to Muhammad Athiyah al-Abrasyi in this country. In this study, the author uses a qualitative method in the type of library research with a philosophical approach. So the research was conducted through a study of books and other sources related to the research. Muhammad Athiyah al-Abrasyi views morality as the spirit of education. The process of moral education in children must run comprehensively by moving all educational devices that exist in the child and soul which includes physical education, intellectual education, moral education, social/community education, aesthetic education with the aim that the three areas of human life are well maintained, namely: physical health, intellectual intelligence, and goodness of soul/morals as the core. The perpetrators of moral education are the family (emphasizing the mother) as (madrasa al-ula) and all teachers in each subject area have responsibilities, with two other factors that must be conducive, namely the place to play (الملعب) and the community (البيئة الإجتماعية). In general, moral education uses the practical method (العملية), exemplary (القدوة), and the story method (المحاكة). Al-Abrasyi's view of the moral education curriculum places great importance on ta'lim al-Qur'an and tahfidz al-Qur'an as a priority in the growth phase of children in the first and second periods, while still paying attention to skills according to their talents and potential.
Keywords: Muhammad Athiyah al-Abrasyi; Moral education
Abstrak
Tulisan ini mengurai permasalahan terkait bagaimana pandangan Muhammad Athiyah al-Abrasyi tentang pendidikan akhlak dan bagaimana penerapan pendidikan akhlak menurut Muhammad Athiyah al-Abrasyi di negara ini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif yang berjenis penelitian pustaka (Library research) dengan pendekatan filosofis. Sehingga penelitian dilakukan melalui telaah buku-buku dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Muhammad Athiyah al-Abrasyi memandang bahwa akhlak adalah ruh pendidikan. Proses pendidikan akhlak pada anak harus berjalan secara komprehensif dengan menggerakkan semua perangkat pendidikan yang ada dalam diri dan jiwa anak yang meliputi pendidikan jasmani, pendidikan intelektual, pendidikan akhlak, pendidikan sosial/kemasyarakatan, pendidikan estetika dengan tujuan agar tiga wilayah kehidupan manusia terjaga dengan baik yaitu kesehatan jasmani, kecerdasan akal, dan kebaikan jiwa/akhlak sebagai intinya. Adapun pelaku pendidikan akhlak adalah keluarga (menekankan ibu) sebagai madrasah al-ula) dan semua guru tiap bidang pelajaran memiliki tanggung jawab, dengan dua faktor lain yang harus kondusif yaitu tempat bermain (الملعب) dan masyarakat (البيئة الإجتماعية). Secara umum, pendidikan akhlak menggunakan metode praktek (العملية), keteladanan (القدوة), dan metode cerita (المحاكة). Pandangan al-Abrasyi tentang kurikulum pendidikan akhlak sangat mementingkan ta’lim al-Qur’an dan tahfidz al-Qur’an sebagai prioritas difase pertumbuhan anak periode pertama dan kedua, dengan tetap memperhatikan skill sesuai bakat dan potensinya.
Kata Kunci: Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Pendidikan akhlak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Abdullah, M. Amin. 2005. Pendidikan Agama Era Multi Kultural Multi Religius, jakarta: PSAP Muhammadiyah
Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, jakarta: Arga,
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. t.th., Al-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Falasifatuha, Beirut: Darul Fikr, Tt.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. 1950. Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta’lim, tt: Dar al-Ihya al-Kutub al-Arabiyah,
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. Al-Tarbiyah al-Islamiyah (tp: tt, t.th.)
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. 1943. Al-Ittijah al-Haditsah fi al-Tarbiyah, Mesir: Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyah,
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. 1966. Udhmatu al-Rasul Shallallahu Alaihi wa Sallam, Tt: Dar al-Qolam,
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. t,th. Al-Mujiz fi al-Thuruq al-Tarbiyah li Tadris al-Lughah al-Qaumiyah, Kairo: Maktabah Nahdloh
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. 1996. Ruh Islam, Terj. Syamsuddin Asyrofi dan Achmad Warid Khan Yogyakarta: Titian Ilahi Press,
Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin Juzz III, Kairo: Darul Hadits,
Amelia, R. Mei. 1 Siswa SMP di Bekasi Tewas Saat Tawuran, 14 Orang Diamankan, www.radarcirebon, 13 Maret 2020
Arifin, Zainal. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Paradigma Baru, Bandung: Rosda.
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta.
Assegaf, Abd. Rachman. 2013. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik sampai Modern, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bagir, Haidar. 2019. Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, Jakarta: Mizan.
Darojat, Zakiyah. 2005. Kepribadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang.
Endin Lailatul Mufarohah, Alim Mujahidin Akhmad, 12 Pendidikan Akhlak untuk Anak Usia Dini, http:// pkm.uika-bogor. ac. id/index.php/PSBKI/article/view/131.16 juli 2020
Fuaduddin TM, Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Islam, Jakarta: Kerjasama Lembaga Kajian Agama dan Jender dengan Solidaritas Perempuan dan The Asia Foundation, 1999
Hadari, Nawawi. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Halim, Devina. Dua Pekan Terakhir, POLRI Catat Peningkatan Kejahatan 11,80 Persen, Kompas com.,20 April 2020
Heri, Gunawan. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: Remaja Rosdakarya.
http://eprints.umm.ac.id/41375/3/BAB%20II.pdf Alton Philips. Magnis-suseno franz. 2008. Hukum hak asasi manusia. Yogyakarta: studi hak asasi manusia uii.
https://ihwan87.wordpress.com/2012/03/30/pemikiran-pendidikan-prof-dr-m-athiyah-al-abrasyi
https://kamiluszaman.blogspot.com/2015/04/pemikiran-ibnu-khaldun-tentang.html
https://kamiluszaman.blogspot.com/2015/04/pemikiran-ibnu-sina-tentang-pendidikan,html Monday 6 April 2015
https://kamiluszaman.blogspot.com/2015/04/pemikiran-ibnu-sina-tentang-pendidikan.html
Iqbal Abu Muhammad Iqbal, Pemikiran Pendidikan Islam Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuan Muslim, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Johan H., Geng Motor Berulah, Serang Warga yang Baru Selesai Salawatan, www.radarcireon, 14 Februari 2020
Kamus Besar bahasa Indonesia, https:/kbbi.web.id/karakter Kamus Besar bahasa Indonesia, https:/kbbi.web.id/karakter
Lichona, Thomas. 2016. Mendidik untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Madjid, Nurcholish. Pintu-Pintu Menuju Tuhan, Jakarta: Paramadina. 2004
Majid Abdul dan Andayani Dian, Pendidikan Karakter Persfektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam Jakarta: Amzah, 2019
Megawangi Ratna, ¬Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa, (Bogor: Indonesia Herritage Foundation, 2015
Moeleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2014. Wawasan Pendidikan Islam, Pengembangan, Pemberdayaan dan Redefinisi Pengetahuan Islam, Bandung: IKAPI.
Mukhtar. 2010.Bimbingan Skripsi Tesis dan Artikel Ilmiyah: Panduan Berbasis Penelitian Lapangan dan Kepustakaan, Ciputat: Guan Persada Press.
Nata, Abuddin. 2017. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenadamedia.
Nata, Abuddin. 2018. Islam dan Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Prenadamedia Group.
Panawati Santi Yanuar, Riset: Pandangan soal “Keperawanan” turut Berperan dalam kerentanan Remaja yang Dilacurkan, theconversation.com., 25 Februari 2020
Purnomo Dony, Murid Menantang Guru, Bukti Gagalnya Pendidikan Karakter, www.radarcirebon, 11 Februari 2019
Rhen, Hana. https://rhenniyhanasj.wordpress.com/2014/05/25/fase-fase-perkembangan/
Safroni, Ladzi. 2013. Al-Ghazali Berbicara tentang Pendidikan Islam, Jogjakarta: Aditya Media Publishing.
Shihab, M. Quraish. 2004. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.
Shihab, M. Quraish. 2003. Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan.
Sidiq, Fahri Maulana. 2 Kelompok Pelajar di Depok Janjian Tawuran Via Medsos, 1 Terluka Bacok, detik News, 10 Jun 2020
Sudirman N. Dkk. 1989. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Usaha Nasional
Suwarso, Eko Survey BNN: 2,3Juta Pelajar Konsumsi Narkoba, www.CNNIndonesia, 22 Juni 2019
Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Jurnal:
Daulay, Nurussakinah. Pendidikan Karakter Pada Anak dalam Pendekatan Islam dan Psikologi, Jurnal Miqot, Vol. 9, No. 1, 2019
Ernawati, Erfa. Metode Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Relevansinya dengan Kondisi Saat Ini (Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2 Nomer 1 Desember 2017
Khobir, Abdul. Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi, Forum Tarbiyah, Volume 7, Nomer 1, Juni 2009
Rizal Soni Samsu, Perkembangan Jiwa Keagamaan Pada Masa Anak-Anak, Jurnal UIN Antasari, Volume 3, No. 1, 2018.
DOI: https://doi.org/10.32507/mizan.v6i1.1248
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurlaelah Sadillah, Gilang Rizki Aji Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
© Copyright CC BY-SA Mizan, p-ISSN: 2598-974X, e-ISSN: 2598-6252 |
Mizan: Journal of Islamic Law Published by Department of Ahwal Al-Syakhsiyyah, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor in partnership with Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) DKI Jakarta.
Editorial Office:
FAI Building, 1st Floor, Department of Ahwal Al-Syakhsiyyah, Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: Mizan@uika-bogor.ac.id