Analisis Nilai-nilai Moral dalam Dongeng pada Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Resti Sri Rahayu, Iis Nurasiah, Arsyi Rizqia Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moral yang terdapat dalam dongeng pada buku siswa kelas 3 tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian nilai-nilai moral pada teks cerita dongeng dianalisis berdasarkan indikator sebagai berikut: 1) Nilai moral hubungan manusia dengan tuhan ditemukan sebanyak 2 nilai; 2) Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri ditemukan sebanyak 17 nilai; 3) Nilai moral hubungan manusia dengan manusia ditemukan sebanyak 26 nilai; 4) Nilai moral hubungan manusia dengan alam terdapat 8 nilai yang ditemukan dalam teks cerita dongeng. Adapun manfaat penelitian ini secara teoritis yaitu sebagai referensi untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai-nilai moral berdasarkan teks cerita pada buku siswa. Selain itu adanya anilisis mengenai nilai-nilai mor al ini dapat menjadi perhatian lebih bagi guru, dan media untuk memberikan contoh serta penerapannya bagi siswa dalam tahapan pembelajaran.


Keywords


Dongeng, Moral, Nilai

Full Text:

PDF

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia. {Online}. Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id . Diakses 03 Mei 2021.

Aliyah RN. 2016. Nilai-Nilai Moral Islami dalam Kumpulan Cerita Bergambar “Fabel Anak Sholeh. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: tidak diterbitkan.

Aqib,Z & Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Hapudi, M.S. (2018). Membentuk Karakter Baik Pada Diri Anak. Jakarta: Tazkia Press.

Lestari Y. (2018). : “Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam”. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 4 (2). 332-337.

Lutfa, C.V.(2019). Nilai Moral dalam Dongeng Nusantara sebagai Materi Ajar Sekolah Dasar Kelas 4 Tema Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Sarjana pada Universitas Jember: Tidak diterbitkan.

Mufrizon, H.(2005). “Hubungan Manusia, Alam Dan Ilmu Pengetahuan, Sebuah Telaah Sederhana”. Ejournal UMRI. A44-A55. ISSN: 18582559.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rukiah.(2018). “Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya”. Ejournal Undip. 2 (1), 99-106.

Santoso A. 2014. Hukum Moral dan Keadilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sartika, E. 2014. “Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral dalam Film Berjudul “Kita Versus Korupsi”. Ejournal Ilmu Komunikasi. 2,(2), 63-77.

Setiawan,E.E. (2019). Analisis Nilai-nilai Moral dalam domgeng pada buku siswa kelas III tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Skripsi pada Universitas Jember: tidak diterbitkan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id